Facebook
RSS

Ingin Kopi yang Pas Rasanya?

-
lucky

Kopi tak lagi sekadar minuman yang biasa. Minuman berwarna hitam ini sudah menjadi bagian gaya hidup. Lalu, bagaimana caranya agar kopi yang kita sajikan bisa pas rasanya? Billy, Barista Trainer membagi tipsnya.
Merebus kopi juga tak sembarang, air panas yang digunakan haruslah air yang dididihkan langsung, bukan dari dispenser. "Derajat panasnya itu juga bukan yang 100 derajat, tetapi sekitar 90 derajat. Bicara soal panas sebenarnya balik lagi kepada jenis kopi itu sendiri, tetapi kalau kopi umum biasanya di bawah 100 derajat," jelas Billy.
Jika Anda menggunakan panas 100 derajat, menurut Billy akan menyebabkan kopi akan hangus yang lagi-lagi bisa mengurangi rasa si kopi itu sendiri. "Karena biji kopi itu juga kan sudah melalui proses oven, jadi kalau diseduh dengan air yang panas, kopi juga akan hangus," katanya.
Selain itu, cara penyajiannya juga tak bisa sembarangan. Untuk mendapatkan rasa kopi yang mantap, hindari mencampur bubuk kopi dengan gula sebelum dituang dengan air panas. "Tuang kopinya dulu, kemudian air panas, tunggu hingga kurang lebih tiga menit sampai kopi benar-benar bercampur dengan air, lalu kemudian masukan gula, dan aduk hingga rata," tuturnya.
Pencampuran dua kimia antara kopi dan gula adalah alasan kopi harus terlebih dahulu dicampurkan dengan air agar rasa kopi tetap terjaga. (vin)

sumber : wartakota.co.id/

Leave a Reply