Facebook
RSS

Hah, Pelajaran Matematika Sakiti Otak?

-
lucky


[imagetag]
BANYAK dari kita pernah merasa takut ataucemas saat menghadapi pelajaran matematika. Ternyata, kecemasan kita terhadappelajaran ini memicu respons otak mirip ketika seseorang mengalami rasa sakitfisik.
Peneliti menggunakan scan otak untuk melihatdaerah yang aktif pada otak saat seseorang cemas menghadapi mata pelajaranmatematika. Dan otak mengirimkan sinyal untuk menjadikan kecemasan terhadappelajaran matematika ini sebagai sesuatu yang membahayakan tubuh. Hal ini miripsaat tubuh merasakan nyeri fisik, demikian yang dilansir Health24.
Bagi orang-orang yang merasa cemas saatmenghadapi matematika, tanpa sadar mereka telah melakukan antisipasi untuktidak benar-benar mengerjakan soal matematika. Aktivasi otak itu sendirimenunjukkan, bukan pelajaran matematika yang menjadikan respons menyakitkan,tetapi antisipasi saat menghadapi pelajaran inilah yang menyakitkan.
Hasil scan MRI menunjukkan bahwa antisipasipada pelajaran matematika menyebabkan respons di otak yang mirip dengan rasasakit fisik. Antisipasi ini mengaktifkan insula posterior -lipatan jaringanyang terletak jauh di dalam otak, tepat di atas telinga yang berhubungan denganancaman langsung ke tubuh, serta pengalaman rasa sakit.
Sumber

Leave a Reply